Layanan Pusat TIK SMK Kota Tegal menyelenggarakan Pelatihan

  from : SMK Negeri 3 Tegal  
Tegal - Hari Sabtu, 6 Agustus 2011 Layanan Pusat TIK SMK Kota Tegal menyelenggarakan Pelatihan mulai pukul 08.30 - 14.00 WIB di Ruang Self Access Study (SAS) SMK Negeri 3 Tegal yang diikuti oleh 20 Guru dan 20 Petugas Data Entry SMK se-Kota Tegal, dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tegal Ibu Dra. Titik Andarwati mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal. Adapun materi Pelatihan diantaranya :
  1. Sosialisasi Aplikasi Data Pokok SMK Tahun 2011
  2. Pelatihan Elektronik Belajar - EBel menggunakan MOODLE
  3. Pembelajaran menggunakan Macromedia Captivate 
Aplikasi Data Pokok SMK Tahun 2011 digunakan untuk mendata di setiap SMK Kota/ Kabupaten yang hasilnya disajikan dalam bentuk buku, meliputi data sekolah, data PSB, siswa, guru, hasil ujian nasional, dan data sarana prasarana. Tabel-tabel yang disajikan dalam statistik ini disusun berdasarkan laporan data pokok setiap SMK.
MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep e-learning. MOODLE dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU.
Macromedia Captivate memiliki banyak fasilitas yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan konten bahan ajar yang interaktif dan menarik dalam bentuk Aplikasi CD-Interaktif. Aplikasi CD-Interaktif adalah sebuah istilah bagi program multimedia interaktif yang biasanya dikemas kedalam format Compact Disk (CD) dan untuk menggunakannya user harus menjalankannya melalui CD-ROM pada PC. Banyak sekali software untuk membuat CD interaktif yang umum di digunakan seperti Macromedia Flash, Macromedia Direktor, Macromedia Captivate, dan Ms. Office Powerpoint sendiri bisa untuk pembuatan CD Interaktif.



Pelatihan Sabtu, 6 Agustus 2011 di Ruang SAS (Self Access Study)
Elektronik Pembelajaran (Ebel On Usb). Banyak aplikasi Pembelajaran Elektronik yang dapat kita pakai, sebagian berbasis web. Pada saat sekarang sudah banyak Guru yang sudah mengikuti pembelajaran eletronik dengan menggunakan moodle, namun moodle masih sulit untuk diterapkan di sekolah masih banyak kendala. Selengkapnya . . . di EBel.

Related Posts:

I Luv SMk 3 Tegal...
Comments
0 Comments