Cara Mengisi Pembelajaran Di Dapodik Versi 2018, Panduan Lengkap.

Ada hal yang wajib Anda ketahui perihal aplikasi Dapodik terbaru versi 2018 ini yakni terdapatnya beberapa fitur atau tampilan baru, yang salah satunya adalah menu Pengisian Jadwal. Pada menu pengisian jadwal tersebut mempunyai korelasi atau hubungan serta keterkaitan dengan data isian yang berada pada menu lainnya misalnya data periodik sekolah, data prasarana, data rombongan belajar (Rombel) dan data pembelajaran. Artinya bahwa pengisian pada menu jadwal tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat dan bergantung dari isian yang telah diinputkan dari keempat menu yang telah kami sebutkan di atas tadi.

Nah, tepat sebelum Anda beranjak untuk mengisi pada menu jadwal, Anda selaku operator bakal dihadapkan dengan cek validasi waktu penyelenggaraan sekolah yang harus operator lengkapi pada data rinci sekolah. Dan untuk pengisian prasarana hanya dipakai ketika hendak memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, sedangkan pada pengisian rombongan belajar (Rombel) digunakan pada saat memetakan prasarana rombel dalam menjalani proses belajar mengajar, pengisian pembelajaran digunakan untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan pada Rombel masing-masing.

Berikut kami sajikan informasi tentang bagaimana cara mengisi menu jadwal pada aplikasi Dapodik versi terbaru 2018 ini secara gamblang dan lengkap:

A. Pengisian Menu Jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Sebelum operator sekolah menggunakan fitur jadwal dan mengisi data di dalamnya, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Mengisi Data Periodik Sekolah

Sebelum operator mengakses fitur menu Jadwal, operator sekolah harus melengkapi data periodik sekolah. Apabila data periodik sekolah belum terisi, maka ketika mengakses menu jadwal akan muncul peringatan.

Agar bisa melengkapi data periodik sekolah, Anda dipersilahkan menuju ke dalam formulir data rinci sekolah yang berada pada menu Sekolah. Selanjutnya lengkapilah seluruh kolom yang tersedia di dalam formulir data periodik sekolah. Wajib diperhatikan! Isian data harus diisi selengkap mungkin.

2. Persiapan Data Prasarana

Pada dalam Aplikasi Dapodik versi 2018 ini, terkait cara pengisian prasarana ruang kelas harus diperhatikan dengan teliti. Bagi tiap-tiap Rombel wajib mempunyai prasarananya sendiri. Pengisian di dalam menu Jadwal tidak diperkenankan misalnya satu prasarana untuk lebih dari satu rombel jika rombel itu memakai satu prasarana pada waktu yang bersamaan.

Silahkan dicek ulang pengisian data prasarana ruang kelas Anda, dengan cara klik pada menu “Sarpras”, lanats kemudian silahkan periksa ulang semua prasarana ruang kelas yang digunakan untuk pembelajaran di sekolah.

Note Penting :

Bagi setiap sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran secara double shift, sehingga memakai satu prasarana yang dipergunakan oleh dua Rombel, maka terdapat perlakuan khusus ketika mengisi Jadwal di dalam Aplikasi Dapodik versi 2018. Misalnya saja, pada kelas 7 B dan 8 B memakai prasarana sebuah ruang kelas yang diberi nama “kelas 7B/8B”. Maka di dalam menu Jadwal, pengisian untuk Rombel 8b pada jadwal di dalam prasarana “kelas 7B/8B” dimulai dengan mengisi dari pembelajaran ke-10 dan selanjutnya.

3. Persiapan Data Rombongan Belajar

Sesudah data prasarana yang menjalani aktivitas pembelajaran selesai terisi dan diperiksa dengan seksama, maka cara berikutnya ialah dengan memeriksa data Rombel pada setiap tingkatan.

Begini tahapannya secara mudah dan benar, klik pada menu “Rombongan Belajar” lantas silahkan Anda isi dan juga periksa semua data Rombel untuk semester ganjil pada tahun ajaran 2017/2018. Lalu sesuaikanlah letak prasarananya dengan prasarana yang telah ditambahkan pada tahap sebelumnya.

4. Persiapan Data Pembelajaran

Data Pembelajaran bisa dipersiapkan setelah kedua tahapan sebelumnya yakni persiapan data prasarana dan Rombel telah dilakukan secara tepat. Caranya adalah dengan langkah sebagai berikut: klik pada salah satu Rombel di dapodik, lalu klik pada tombol “Pembelajaran”.

Secara otomatis sistem akan memunculkan semua data Mapel yang sesuai dengan setiap kurikulum yang telah dipilih pada pengisian data Rombel sebelumnya. Jika Mapel tidak keluar sesudah anda memilih rombongan belajar, maka dapat dipastikan terdapat kesalahan ketika melakukan pengisian dan  memilih kurikulum.

Lengkapi semua data pembelajaran pada masing-masing dengan mengisi data PTK yang mengajar dengan disertai SK Mengajarnya, tanggal SK dan juga Jumlah Jam Mengajar (JJM) yang seusuai dengan kurikulum di setiap Mapel yang ada di sekolah.

Data Guru yang mengajar dengan disertai Mapel dengan JJM  setiap minggunya di dalam Pembelajaran, akan memiliki dampak sangat besar terhadap data isian yang terdapat pada menu Jadwal. Mapel mempunyai jumlah jam maksimum setiap minggu di dalam setiap data pembelajaran di masing-masing Rombel, sehingga data Pembelajaran pada setiap Rombel berlaku perhitungannya mulai dari hari senin-minggu atau berdasarkan hari pelaksana pembelajaran di setiap sekolah.

5. Pengisian Menu Jadwal

Operator Dapodik sekolah wajib memahami dengan benar bahwa untuk jadwal Upacara dan Istirahat di sekolah tidak boleh diinputkan dalam menu pengisian jadwal. Untuk mengisi jadwal, pertama klik menu Jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

Apabila ketika mengakses menu Jadwal dan muncul keterangan seperti yang tampil pada gambar di bawah berikut, maka dapat dipastikan bahwa pengisian data periodik sekolah belum selesai. Silakan kembali ke menu sekolah dan mengisinya pada data rinci sekolah.

Jika saat mengakses menu Jadwal namun gagal maka itu disebabkan lantaran pengisian data periodik sekolah belum selesai. Silahkan anda kembali lagi ke dalam menu Sekolah dan isi semua data yang terdapat pada data rinci sekolah.

Apabila sudah berhasil dalam mengakses menu jadwal, hal berikutnya pada menu jadwal yang harus dipahami oleh setiap operator sekolah adalah sebagai berikut:

  • Cek Waktu Penyelenggaraan
Ketika masuk ke dalam menu jadwal, klik tombol “cek waktu penyelenggaraan”, nantinya tombol ini berfungsi untuk melakukan validasi terhadap isian data periodik sekolah pada bagian waktu penyelenggaraan sekolah.

Setelah mgklik tombol tersebut, maka apabila validasinya terhadap waktu penyelenggaraan maka akan tampil datanya dan dapat melanjutkan ke pilih prasarana.
  •  Pilih Prasarana
Prasarana yang tampil disini adalah prasarana yang sudah diinputkan pada menu Sarpras, dan setiap prasarana yang terpilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.
  • Jadwal Hari
Ada 7 hari dimulai dari hari Senin-Minggu bagi sekolah yang menjalankan program KBM. Nantinya masing-masing hari dipilih dan akan tampil beberapa data Mapel dengan disertai data guru dan juga alokasi JJM untuk setiap minggunya.

Sehingga, sebelum Anda melakukan pengisian pada menu jadwal, pastikanlah terlebih dahulu pembelajaran yang berada pada tabel Rombel sudah terisi dengan benar berikut dengan data prasarananya.
Pada tampilan menu jadwal, pada bagian atas terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisikan data penjadwalan mata pelajarannya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisikan datanya kemudian pilih jadwal hari. Lalu, klik tambah. Setelah itu maka akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

# Pembelajaran

Data mata pelajaran yang terdapat pada salah satu rombongan belajar
yang menggunakan prasarana yang sudah terpilih.

# Alokasi Jam

Ketersediaan jumlah jam tatap muka.

# Dimulai jam ke

Penempatan tentang urutan waktu Mapel yang sesuai dengan alokasi jadwal di masing-masing sekolah untuk setiap harinya.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukkan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada pada salah satu rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

Sesudah anda memilih Mapelnya, masukkanlah alokasi jam, dan juga isi kolom dimulai dari jam ke. Untuk alokasi jam akan diambil dari menu JJM Pembelajaran di salah satu Rombel dan juga untuk dimulai jam ke didasarkan dari urutan Mapel yang sesuai dengan jadwal di sekolah pada hari yang telah terpilih.

Pada Gambar di atas telah menjelaskan isian pembelajaran pada salah satu Rombel yang mengalokasikan JJM untuk setiap minggu pada Mapel PKn ialah 2 jam. Sebagai gambaran saja, bahwa untuk pengisian alokasi jam disini ialah jumlah jam Mapel setiap minggu yang bisa dibagi menjadi beberapa jam pada hari yang berbeda-beda.

Misalnya saja apabila di dalam tabel pembelajaran pada kelas 8A Mapel PKn diisi sebanyak 2 jam pembelajaran selama satu minggu dalam satu Rombel, maka pada pengisian jadwal tersebut dapat dibagi menjadi 2 hari yaitu Senin dan Selasa dengan masing-masing alokasi 1 jam.

Penjelasan rincian pemecahannya adalah sebagai berikut:

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari senin sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 1

- Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kita tempatkan Hari selasa  sebanyak 1 jam pada urutan jadwal Dimulai Jam Ke 6, dengan contoh sebagai berikut,

Input semua data pembelajaran ke dalam jadwal sesuai dengan alokasi di setiap tiap-tiap sekolah sehingga setiap data pembelajaran pada masing-masing rombongan belajar dapat terjabarkan dalam sebuah format penjadwalan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

B. Cara Pengisian Mapel BK dan TIK Kurikulum 2013

Tercantum catatan khusus untuk mata pelajaran BK dan TIK yang wajib para operator sekolah perhatikan, yakni :
  • Untuk Mapel BK, pada seluruh jenis kurikulum KTSP dan juga Kurikulum 2013 (K-13) yang disimpan pada jenis “Jam Tambahan”, silakan Anda isikan JJM pada pembelajaran dengan jumlah 0 jam.
  • Untuk Mapel TIK pada kurikulum 2013 yang disimpan ke dalam jenis “Jam Tambahan”, silahkan Anda isikan JJM pada pembelajaran dengan jumlah 0 jam.
Hal tersebut disebabkan karena kedua mata pelajaran tersebut tidak masuk ke dalam menu jadwal, apabila terisi JJM-nya maka nantinya akan masuk ke validasi aplikasi dapodik.

C. Cara Mengisi Mapel Agama

Jika di dalam satu Rombel ada Mapel Agama lebih dari satu, maka silahkan anda isikan JJM untuk Mapel agama yang mayoritas di dalam kelas tersebut dengan jumlah 2 jam dan untuk Mapel Agama yang minoritas sebanyak 0 jam.

Misalnya saja di dalam satu Rombel Mapel PAI ialah mayoritas bagi peserta didik di sebuah kelas, maka:
  1. Isikanlah jam Pendidikan Agama Islam dengan jumlah 2 jam
  2. Isikanlah jam Pendidikan Agama lainnya dengan jumlah 0 jam
Pengisian jumlah 0 jam ini dilakukan supaya tidak masuk ke dalam validasi jadwal yang mewajibkan Mapel yang mempunyai jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga data isian jadwal yang diinputkan ialah Mapel untuk pendidikan agama mayoritas pada kelas tersebut.

Demikian informasi yang kami sajikan tentang:

Cara Mudah Mengisi Menu Jadwal Pada Aplikasi Dapodik Versi 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!
sumber
-Baca Juga
Daftar Isi Blog SMK 3 Tegal
  Mei (13)

Related Posts:

I Luv SMk 3 Tegal...
Comments
0 Comments