SMK Negeri 3 Kota Tegal

Tentang SMK Negeri 3 Kota Tegal

smk negeri 3 kota tegal http://newsmknegeri3kotategal.blogspot.com/

SMK Negeri 3 Tegal adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di kota Tegal. SMKN3 berlokasi di seberang kantor Telkom cabang Tegal, tepatnya di jl Gadjahmada no. 72D. Untuk mencapai sekolah ini tidak sulit. SMKN 3 terletak dekat dari pusat kota Tegal, sedangkan jika dari terminal hanya 10 menit naik bis kecil. Apalagi sekolah ini letaknya tepat di pinggir jalan utama kota Tegal, jalan Gadjahmada. Jadi sekolah sangat mudah untuk diakses.

SMK Negeri 3 Kota Tegal


Sistem belajar SMK Negeri 3 Tegal? Banyak orang salah mengira jika SMK N 3 adalah sekolah semi-militer. Ini terlihat dari pakaian, potongan rambut, dll yang mirip orang militer. Padahal hal ini sudah dijelaskan sendiri oleh kesiswaan, Eko Haryanto, bahwa sekolah ini "bukan" sekolah militer maupun semi-militer. Hanya saja kedisiplinan di sekolah ini menganut sistem kedisiplinan angkatan laut. Ya, di sini pembina siswa adalah orang dari angkatan laut Tegal, seperti Tasiman, Mukartono, Badrun, dan lain-lain. Mengenai baju seragam yang mirip angkatan laut pun, ini karena jurusan pertama di SMKN3 adalah jurusan kelautan. Jadi mau tidak mau, pakaian resmi sekolah pun menjadi seperti seragam angkatan laut. Tapi yang paling penting adalah, SMK N 3 bukanlah sekolah militer ataupun semi-militer karena di sini tidak diajarkan sama sekali ilmu kemiliteran.

smkn 3 tegal smk negeri 3 kota tegal http://newsmknegeri3kotategal.blogspot.com/
suasana MOS SMKN 3 Tegal (ada bule nyasar tuh)

Prestasi SMKN 3 Tegal? Setahu saya SMK ini dibangun tahun 2001. Berarti saat tulisan ini dibuat, SMK Negeri 3 sudah berumur 11 tahun. Jangan salah, walaupun masih muda, SMK Negeri 3 sudah memiliki segudang prestasi yang mungkin hanya bisa diraih sekolah berumur 20 tahun. Hampir semua kejuaraan di berbagai bidang telah berhasil dicapai oleh murid SMKN3, mulai dari akademik sampai non-akademik. Prestasi tertinggi yang pernah dicapai adalah juara 1 karya ilmiah remaja tingkat nasional. Sedangkan prestasi non-akademik seperti atlet, beladiri, dll sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Setiap tahun pasti ada saja yang menjuarai lomba di bidang non-akademik. Tidak heran jika banyak orang bilang SMK Negeri 3 adalah sekolahnya para juara.

smkn 3 kota tegal smk negeri 3 kota tegal http://newsmknegeri3kotategal.blogspot.com/
salah satu suasana belajar efektif

Jurusan di SMK Negeri 3 Kota Tegal? Di sini ada 7 jurusan yang bisa dipilih, yaitu NKPI (nautika kapal penangkap ikan), TKPI (teknika kapal penangkap ikan), MO (mekanik otomotif), TSM (teknik sepeda motor), GB (gambar bangunan atau arsitek), MM (multimedia), dan TKJ (teknik komputer jaringan).

Saya sendiri mengambil jurusan TKJ. Di sini saya belajar tentang komputer mulai dari software, hardware, sampai jaringan komputer. Saya cukup senang belajar di sini, karena di sini belum pernah kekurangan alat untuk praktek. Begitu juga dengan jurusan lain, di sini jarang terdengar ada keluhan kekurangan alat praktek. Yang ada justru kekurangan makan, hehehe.

smk negeri 3 tegal smk negeri 3 kota tegal http://newsmknegeri3kotategal.blogspot.com/
siswi SMK Negeri 3 Tegal berpose dengan mobil esemka

Itu saja sedikit cerita saya tentang SMK Negeri 3 Tegal. Jika ada pertanyaan, monggo layangkan langsung ke kotak komentar.

Related Posts:

I Luv SMk 3 Tegal...
Comments
0 Comments