Siap-siap! Guru akan Dilibatkan dalam Pembuatan Soal USBN

Pelangiguru.com -- Assalamu’alaikum War....Wab.....Bapak/Ibu dimanapun anda berada, salam hangat untuk kita semua, jumpa lagi dengan kami pada situs berita Pendidikan, Guru, PNS & Honorer terbaru..berikut kami akan bagikan informasi terkini mengenai Guru akan Dilibatkan dalam Pembuatan Soal USBN...selengkapnya dibawah ini.....


Pelangiguru.com -- Pemerintah menyiapkan model pengganti Ujian Nasional (UN) yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, dalam mekanisme USBN ini, para guru betul-betul dilibatkan. USBN bersinggungan dengan kalibrasi guru atau peningkatan kemampuan guru mengacu pada standar nasional.

"Pesan tidak terhenti agar guru terus melakukan kalibrasi diri agar memiliki pengetahuan, kecakapan yang betul-betul menguasai standar nasional yang ditetapkan pemerintah, yang selama ini kurang dapat perhatian. Maka kita turunkan bantuan ke guru untuk terus berlatih," ujar Muhadjir seusai menghadiri Penutupan Kegiatan Pembekalan Tenaga Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) untuk Luar Negeri masa tugas tahun 2017 di IPSC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/2).

Mendikbud melanjutkan, proses pembuatan soal untuk USBN ini dipandu oleh Balitbang yang kemudian dimusyawarahkan para guru dalam sebuah asosiasi profesi. Kemendikbud menunjuk dua organisasi profesi guru, seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebagai penyusun naskah soal USBN. Komposisinya, 75-80 persen naskah bisa dibuat guru dan sisanya disisipkan dari pemerintah pusat. 

"Diturunkan ke guru secara kolektif, di dalam asosiasi, musyawarahkan bersama, di situlah dimasukkan kearifan lokal, ciri khas. Soal ujiannya sama. Misalnya sama-sama soal matematika, tapi bentuk penyajian, narasinya berbeda karena disesuaikan degnan kondisi lokal," katanya.

(Baca Juga:

Menurut Muhadjir, ada tiga hal yang menjadi dasar guru melakukan kalibrasi, yaitu konten, proses dan evaluasi. Ia meyakini, jika guru dilatih secara intensif membuat soal berstandar nasional, maka guru bisa menghasilkan soal sekaliber nasional. 

"Kayak tentara terus dilatih untuk perang, walaupun enggak tahu perang kapan, kita juga jangan sampai latihan hanya kalau mau perang, makannya latihan terus," ujar menteri yang pernah mengikuti Visiting Program, Regional Security and Defense Policy, National Defense University, Washington D.C., USA, 1993 itu.

Untuk info selengkapnya klik DISINI.!

Demikian Informasi terkini mengenai Guru akan Dilibatkan dalam Pembuatan Soal USBNyang bisa kami sampaikan, Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.pelangiguru.com untuk mengupdate segala informasi anda seputar Pendidkan, Guru, ASN/PNS, CPNS, info Honorer, dll.Kami akan senantiasa memberikan berita terbaru, teraktual, terpopuler, yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda. Apabila Informasi Ini bermanfaat tolong dibagikan.Wassalamu'alaikum War....Wab....

Sumber: republika

Related Posts:

I Luv SMk 3 Tegal...
Comments
0 Comments