Inilah Cara Agar Anak Lebih Cerdas dan Memiliki Daya Nalar yang Tinggi

Pelangiguru.com -- Sosiolog Universitas Sumatra Utara Badaruddin mengatakan untuk memperoleh penalaran yang lebih baik dan memiliki kecerdasan, minat baca anak-anak Indonesia perlu lebih ditingkatkan lagi untuk memperoleh penalaran yang lebih baik dan memiliki kecerdasan.

Bapak/Ibu dimanapun anda berada, salam hangat untuk kita semua, jumpa lagi dengan kami pada situs berita Pendidikan, Guru, PNS & Honorer terbaru..berikut kami akan bagikan informasi terkini mengenai Cara Agar Anak Lebih Cerdas dan Memiliki Daya Nalar yang Tinggi...selengkapnya dibawah ini.....


Pelangiguru.com -- Sosiolog Universitas Sumatra Utara Badaruddin mengatakan minat baca anak-anak Indonesia perlu lebih ditingkatkan lagi untuk memperoleh penalaran yang lebih baik dan memiliki kecerdasan.

"Sebab, selama ini penalaran yang dimiliki anak-anak Indonesi masih lemah dan perlu mendapat perbaikan," kata Badaruddin di Medan, Sabtu (24/12/2016).


Oleh karena itu, menurutnya, orangtua maupun guru-guru di sekolah perlu lebih mengarahkan siswa SD, SMP, dan SMA agar fokus membaca buku-buku pelajaran di sekolah.

"Selain itu, anak Indonesia juga diberikan buku-buku bacaan ilmiah, pengetahuan umum dan lainnya yang berbobot untuk menambah wawasan, serta meningkatkan penalaran," ujar Badaruddin.

Dia menyebutkan para siswa tersebut juga diharuskan rajin meminjam buku-buku perpustakaan sekolah, sehingga dengan demikian generasi muda calon-calon pemimpin bangsa itu semakin pintar.

Siswa yang selalu membaca buku-buku sekolah, akan kelihatan pintar dan memiliki penalaran lebih luas.

"Kegiatan yang bermanfaat dan menambah wawasan seperti itu, harus ditingkatkan dan dipraktikkan langsung oleh siswa tersebut," ucap Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unversitas Sumatra Utara (USU) itu.

Badaruddin menjelaskan anak-anak Indonesia memang dikenal unggul di bidang hapalan, tetapi lemah dalam hal penalaran.

Sehubungan dengan itu, para guru di sekolah disarankan untuk memberikan penalaran dan hapalan bagi siswanya, "Melalui kegiatan tersebut, diharapkan anak-anak Indonesia semakin cerdas, pintar, berkualitas dan mampu menyaingi pelajar yang ada di luar negeri," kata mantan Dekan Fisip USU itu.


Sebelumnya, pada hasil survei 2012, Indonesia menempati peringkat 71 dari 72 negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

PISA merupakan sistem ujian yang diinisiasi oleh OECD untuk mengevaluasi sistem pendidikan dari 72 negara di seluruh dunia. Setiap tiga tahun, siswa berusia 15 tahun dipilih secara acak untuk mengikuti tes dari tiga kompetensi yakni membaca, matematika, dan sains.

Untuk info selengkapnya klik DISINI.!

Demikian Informasi terkini mengenai Cara Agar Anak Lebih Cerdas dan Memiliki Daya Nalar yang Tinggi yang bisa kami sampaikan, Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.pelangiguru.com untuk mengupdate segala informasi anda seputar Pendidkan, Guru, ASN/PNS, CPNS, info Honorer, dll.Kami akan senantiasa memberikan berita terbaru, teraktual, terpopuler, yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda. Apabila Informasi Ini bermanfaat untuk masyakat/saudara kita diluar sana tolong dibagikan.

Sumber: kabar24

Related Posts:

I Luv SMk 3 Tegal...
Comments
0 Comments